Saturday, March 16, 2019

MULAK TU BONAPASOGIT

November 2018..

Puji Tuhan setelah sekian lama direncanakan, terealisasi juga pulang kampung bersama keluarga. Kurang lebih 8 hari menikmati alam Sumatera Utara..
Smoga ada kesempatan untuk kesana lagi bersama keluarga :)

Silangit International Airport

Sipinsur
@ Siantar
Bakmi legend di Siantar
Mie pansit Awai (haram :p)
View selama perjalanan ke Samosir
Rehat sejenak disini @Tele Samosir
View from Tele
Ziarah ke Opung Sipayung @Parbaba Samosir
@ Lumban Sipayung Parbaba

Tuesday, September 4, 2018

TRIP BELITUNG 3D2N

Haii guyss, lama ga ngepost blog dikarenakan banyak hal hehe.

Berhubung ada waktu dan kesempatan, kali ini saya akan post secara singkat tentang trip ke Belitung yang baru aja saya lakukan.

Lets check it out!

Saya ke Belitung bersama 3 teman saya. Liburan kami selama 3 hari 2 malam. Acara liburan ini sebenernya uda diwacanain dari kapan tau. Tapi sebulan sebelum keberangkatan kami, akhirnya dibahas lagi deeh wacana itu, dan langsung memutuskan untuk beli tiket PP, karena kalo ga gitu yakin deeh rencana hanya jadi wacana selamanyaa haha.

Abis beli tiket, kita booked hotel 2 malem, kita cari yang 1 kamar untuk kapastitas 2 orang dengan ekstra bed. Agak nakal sedikit sih ini, pikirnya bakal aman lah yaa, ternyata pas di hari H-nya, berhubung ternyata itu hotel sepiii banget, kita ketauan receptionistnya dan dikenakan biaya charge.

Langsung aja lah yaa, berikut itinerary dan realisasi budgetnya.

Tiket pesawat: Pergi (Lion Air) Jkt - Tanjung Pandan Rp 394.500, Pulang (Garuda) Tanjung Pandan - Jakarta Rp 524.500
Sampai di Bandara Tanjung Pandan jam setengah 12an siang, disana udah ditunggu sama orang yang mobilnya kita sewa selama di Belitung.
Sewa mobil Agya (lepas kunci) selama 2 hari (hitungannya 48 jam) Rp 400.000
Keluar bandara bayar parkir Rp 5.000
Cuss dari Bandara kita langsung isi bensin dulu, kata Mas yang sewain mobil pom bensin di Belitung susah dan kalo sore uda pada tutup, tapi Puji Tuhan kita ga susah dapetin pom bensin, dan selama disana juga keanya nemuin beberapa pom bensin kok, jadi keanya ga perlu khawatir deeh perihal kehabisan bensin.
Isi bensin Rp 200.000 (disana harga per liter Rp 8.000), FYI bensin segitu kita pake mobil Agya, masih nyisa lumayan banyak buat kita jelajahin Belitung selama 2 hari full.
Setelah isi bensin kita cari makan, uda penasaran banget sama yang namanya Mie Atep khas Belitung. Berbekal dari rekomen Mas yang minjemin kita mobil, kita makan di warung Mak Jannah.
Pesenan kita berempat sama, yaitu Mie Atep (ada yg goreng dan rebus, goreng harganya Rp 20.000, rebus harganya Rp 15.000), minumnya es jeruk kunci (Rp 8.000).

Mie goreng Belitong

Kelar makan ehh turun hujan derass. Kita sempat galau bentar tuh, tapi akhirnya tetep ngelanjutin perjalanan ke daerah Belitung Timur, oiyaa selama kita disana kita ngandelin GPS sepenuhnya. Nah sempat ada kendala di beberapa lokasi sempet susah signal huhu.

Destinasi pertama kita yaitu Museum Kata Andrea Hirata, kita ga masuk ke dalam museumnya, cuma foto-foto di luarnya juga udah keren. Ga kena biaya apapun. Oh iyaa, Puji Tuhan pas di deket-deket sampe sini cuacanya panas, ga hujan ternyata di Belitung bagian Timur.

Abis dari situ kita ke SD Muhammadiyah, replika Sekolah Laskar Pelangi. Disini masuknya bayar Rp 5.000 per orang.

Teks lagu Laskar Pelangi

Karena panass banget kita dehidrasi ga punya minum, disitu ada warung, kita beli air mineral botol dengan harga yang normal yaitu Rp 4.000.
Lanjut jalan ke Rumah Keong (lupa namanya apa), lokasi ada di seberang SD Laskar Pelangi.
Disini masuknya kena biaya mobil Rp 10.000 aja.
Tempatnya juga keren buat foto-foto, kita disini kira-kira sejam lah.

Abis dari sini tadinya kita mau ke pantai untuk sunsetan (direkomenin sama Masnya ke pantai Tanjung Tinggi, di kota), tapi berhubung udah ga keburu, kita ke Rumah Ahok, ga jauh juga dari situ, ngelewatin si Museum Kata lagi. Sampe sana rumahnya kosong, foto-foto bentar di tempat yang katanya rumah "panutanku" itu. Lanjut cusss ke kota, perjalanannya lumayan jauuh.

FYI, jalanan Belitung sepi bangettt, gada macet atau kehenti sama sekali, gada polisi, gada polisi tidur jugaa, uda gitu kalo uda maghrib gelappp bangett sepanjang Belitung Timur tuh, gada lampu jalan, tapi pas di Kota uda ada penerangan.
Sampe Kota, kita laper dan cari makan. Bingung makan apa, akhirya kita cari aja tempat makan yang rame. Ketemu lah tempat makan seafood namanya "Ratu Rasa Seafood".
Kita pesen nasi putih, minum teh anget, makanannya sayur genjer cah polos, cumi goreng tepung, sama ikan kwe bakar, itu semua berempat kenyang dan puas makannya cuma habis Rp 220.00, padahal ekspekstasi kita nyampe 300an lebih, ternyta hihi.
Asli cumi goreng tepungnya recomended bangetttttt!!!
Tempatnya juga ruameee bangettt, seafoodnya fresh semua.

Abis makan kita ke hotel, nama hotelnya Demuon Hotel di Jalan Jend. Sudirman.
Kena biaya nginap 2 malem berempat (beserta tambahan ekstra bed dan charge) yaitu Rp 991.000
Sampe hotel kita langsung disambut semua pegawainya, berhubung sepi banget tuh hotel, sempet parno juga sih nih hotel horror kali yaa, sepi amat.. Tapi review untuk hotel ini lumayan bagus lahh. Nyaman banget kamarnya, ga pengap, enak, pewe, bersih, ada kamar mandi dalem, TV, dan Wifi, free breakfast, pegawainya semua ramah. Recommended nginap disini, tempatnya juga strategis.
Oh iyaa, kupon breakfast cuma dapet untuk 3 orang. Nah kita ngakalinnya dengan 3 orang pagi-pagi keluar sarapan (start from 6:00), trus ambil yang banyak, bawa makannya ke kamar, diperbolehkan petugasnya, dengan alasan kita mau sambil siap-siap mau jalan.
Makanannya yaa not bad lah.

Hari kedua di Belitung itu hari Minggu, paginya saya dan 1 temen saya ibadah dulu, 2 teman saya yang lainnya ikut nemenin kami nyari gereja terdekat yang uda buka. 1 gereja dapet, eh ternyata baru ada ibadah jam 9, cari yg lain. Trus nemu 1 gereja lagi, ehh itu gereja Katholik, cari yang lain lagi, sampe akhirnya nemu gereja GBI Tanjung Pandan di Hotel Biliton, itu ada jadwal ibadah jam 8:00 (saat itu masih jam 7:40), okedeeh kita nunggu 20 menit. Temen saya yang 2 lagi balik lagi ke hotel.
Ibadah kelar jam setengah 10. Di depan gereja uda djemput sama kedua temen saya lagi, kita langsung cuss ke pantaiiii...

Kurang lebih 40 menit keanya perjalanannya, aslii itu pantainya indah bangetttt.
Kita langsung ketemu sama abang yang bawa kapal buat perjalanan kita menjelahi pulau-pulau disana. Harga sewa kapal Rp 550.000, dan snorkling per orang kena Rp 30.000.
Bener-bener indah-indah bangetttt pantainya, ga bakal nyesel.
Jangan lupa pakai sunblock, lotion, tabir surya duuh soalnya panasss bangettt bisa bisa gosong kalo ga pake hihi.
Ada beberapa pulau yang kita kunjungi.
Lupa sampe jam berapa disana, keanya sih sore, pokonya kita uda puas bangetttt main air sampe menghitam hiks huhu.

Setelah menepi, kita makan nasi goreng di warung pinggir pantai, harganya Rp 15.000 per piring. Entah laper apa emang beneran enak, itu nasi gorengnya enaakkk. Padahal cuma nasi, kecap, bawang putih sama telor dadar haha.
Abis itu kita bilas, karena badan uda kotor dan penuh pasir, lengket-lengket juga kena air laut.
Kamar bilas seorang kena Rp 5.000, kondisinya lumayan bersih kamar bilasnya.

Abis itu kita jalaan, ke pantai lagiiii.... Untuk sunsetan...

Lupa dapet pantai apa, pokonya itu kita menepi di pinggir jalan gitu, di tepi pantainya nungguin sunset, dan viewnya mantulll (mantap betulll).. Sungguh indah ciptaan Tuhan :)

Puas menikmati sunset, kita perjalanan pulang, tapi sebelumnya cari makan.
Nah kita penasaran banget sama kopi Belitung, trus pengen banget makan mie rebus. Jadilah kita menentukan tujuan ke Warkop Kong Djie.
Suasananya warkop bangeetttttt. Kita pesen 4 kopi Belitung (enakkk bangettt seger) dan mie rebus itu totalnya Rp 72.000.

Dari situ kita pulang ke Hotel, istirahat, ketawa-tiwi, itung-itungan pengeluaran, trus tiduuurr..

Besoknya adalah hari terakhir kita di Belitung.
Siap-siap, sarapan, berbekal alasan mau sambil packing, kita minta izin sarapannya kita bawa ke kamar. Niat mau jalan jam 7an, ternyata kita baru keluar hotel jam 9:30an haha.
Oh iyaa, hari ini kita di guide-in si Mas yang nyewain kita mobil. Pertama kita diantar ke Rumah Adat Belitung, masuk sini free, foto-foto bentar), trus ke pusat oleh-oleh, saya beli oleh-oleh buat di rumah sama di kantor (5 bungkus kerupuk ikan dan cumi) habis Rp 105.000

Trus kita makan siang, penasaran sama bakso ikan khas Belitung, tapi kata Masnya warung makannya itu bukanya malem hari semua, sama kita juga ga kesampean nyobain ikan ganyang (lupa namanya) khas Belitung huhu, karena tempat makan recommendednya itu bukanya malem).
Jadi kita dianter ke Warung Mak Yen, tempatnya sepi, unik tapi tampilannya.
Makan bakso ikan dan es jeruk kunci berlima kena Rp 72.000.

Dari situ kita diantar ke Danau Kaolin, tempatnya ga jauh dari Bandara. Panasss bangettt disana, kita cuma foto bentar langsung cuss.
FYI, pas kita kesitu pengunjung uda ga boleh turun lagi ke bawah karena belum lama ada pengunjung yang jatuh, jadi uda dilarang untuk turun ke deket danaunya.

Dari situ kita diantar ke Bandara, dan berakhir pula lah perjalanan kami di Belitung hiks hiksss.
Sampe Bandara masih sekitar jam 12 siang, padahal flight kita masih lama, jam 15:55.
Tapi berhubung udah gada destinasi yang dekat, takut ga keburu kalo pergi yang ke jauh-jauh, trus juga berhubung duit kita uda menipiss (gamau bayar tambahan rentcar mobil, walaupun si Mas bilangnya ikhlas gausah ditambahin), jadilah kita nunggu 3 jam di bandara hikss hikss.
Sempet kelaperan, sempet keluar bandara lagi buat jajan haha.

Sekitar jam 17:10 kita sampai di Soetta Terminal 3 Ultimate. Duduk duduk dulu bentar, pulang ke Depok naik Damri (busnya Hiba) kena Rp 60.000 per orang, bayar karcisnya pas di mobilnya. Untuk busnya sendiri ada setiap satu jam sekali.

Itulah perjalanan saya di Belitung.