Monday, March 26, 2012

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan

Secara bahasa, istilah “Civic Education” oleh sebagian pakar diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Pendidikan Kewargaan dan Pendidikan Kewarganegaraan. Istilah “Pendidikan Kewargaan” diwakili oleh Azra dan Tim ICCE (Indonesian Center for Civic Education) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, sebagai pengembang Civic Education pertama di perguruan tinggi. Penggunaan istilah “Pendidikan Kewarganegaraan” diwakili oleh Winataputra dkk dari Tim CICED (Center Indonesian for Civic Education), Tim ICCE (2005: 6).
Menurut Kerr (Winataputra dan Budimansyah, 2007:4), mengemukakan bahwa Citizenship education or civics education didefinisikan sebagai berikut:
Citizenship or civics education is construed broadly to encompass the preparation of young people for their roles and responsibilities as citizens and, in particular, the role of education (trough schooling, teaching, and learning) in that preparatory process.

Dari definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk mencakup proses penyiapan generasi muda untuk mengambil peran dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, peran pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut. Cogan (1999:4) mengartikan civic education sebagai "...the foundational course work in school designed to prepare young citizens for an active role in their communities in their adult lives", maksudnya adalah suatu mata pelajaran dasar di sekolah yang dirancang untuk mempersiapkan warga negara muda, agar kelak setelah dewasa dapat berperan aktif dalam masyarakatnya.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

Agar peserta didik memiliki motivasi bahwa Pendidikan Kewarganengaraan yang diberikan kepada mereka berkaitan erat dengan peran dan kedudukan serta kepentingan mereka sebagai individu, anggota keluarga, anggota masyarakat dan sebagai warga negara Indonesia yang terdidik, serta bertekad dan bersedia untuk mewujudkannya.

Visi, Misi, dan Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Visi Pendidikan Kewarganengaraan di Perguruan Tinggi adalah menjadi sumber nilai dan pedoman penyelenggaraan program studi dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadiannya selaku warga negara yang berperan aktif menegakan demokrasi menuju masyarakat madani
  2. Misi Pendidikan Kewarganengaraan di Perguruan Tinggi adalah membantu mahasiswa selaku warga negara agar mampu mewujudkan nilai-nilai dasar perjuangan bangsa Indonesia serta kesadaran berbangsa, bernegara dalam menerapkan ilmunya secara bertanggung jawab terhadap kemanusian.
  3. Kompetensi Pendidikan Kewarganengaraan di Perguruan Tinggi adalah bertujuan untuk menguasai kemampuan berpikir, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual, serta mengantarkan mahasiswa selaku warga negara Republik Indonesia yang memiliki :
  • Wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dengan perilaku cinta tanah air.
  • Wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa demi ketahanan nasional.
  • Pola pikir, sikap, yang komprehensif integral pada seluruh aspek kehidupan nasional.
  • Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan diberikan di Perguruan Tinggi
    Penjelasan Pasal 37 Ayat (1) UU RI No.20 Tahun 2003:
    “Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air”
     
    VISI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI (Menurut SK Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep./2002 )
     
    - SUMBER NILAI  DAN PEDOMAN  PENYELENGGARAAN  PROGRAM STUDI DALAM MENGANTARKAN  MAHASISWA, UNTUK MENGEMBANGKAN KEPRIBADIANNYA SELAKU WARGANEGARA YANG BERPERAN AKTIF
    - MENEGAKKAN DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI

    MISI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI ( Menurut SK Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep./2002 )
     
    Membantu mahasiswa selaku warganegara, agar mampu :
    -           mewujudkan nilai-nilai dasar perjuangan bangsa Indonesia,
    -           mewujudkan kesadaran berbangsa dan bernegara,
    -           menerapkan ilmunya secara bertanggung jawab terhadap kemanusiaan.
     
    TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI ( Menurut SK Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep./2002 )
     
    Agar mahasiswa :
    -          Memiliki motivasi menguasai materi pendidikan kewarganegaraan,
    -          Mampu mengkaitkan dan mengimplementasikan dalam peranan dan kedudukan serta kepentingannya, sebagai individu, anggota keluarga/masyarakat dan warganegara yang terdidik.
    -          Memiliki tekad dan kesediaan dalam mewujudkan kaidah-kaidah nilai berbangsa dan bernegara untuk menciptakan masyarakat madani.
 sumber: http://dodisupandiblog.blogspot.com/2010/05/pengertian-pendidikan-kewarganegaraan.html
http://mardikurniawan.blogspot.com/2008/05/pendidikan-kewarganegaraan-untuk.html
http://fhy13candra.blogspot.com/2011/04/tujuan-pendidikan-kewarganegaraan.html

NAMA: THERESIA JULIANA
NPM: 16210874
KELAS: 2EA09

No comments:

Post a Comment