Monday, December 1, 2014

LIBURAN KE JOGJA (Hari ke-1)

Akhirnyaaa, setelah banyak wacana buat liburan kesana-kesini, sekarang wacana itu bukan lagi sekedar wacana, dan jadilah kota yang di datangi.. Jogjaaa. Satu dari beberapa list tempat liburan yang ditetapkan.
Kita uda beli tiket online pp untuk berangkat tanggal 25/11 dan pulang tanggal 28/11. Tapi di H-7, kita mengundur waktu pulang jadi tanggal 29/11, dan jadilah kena charge sebesar Rp 14rb (sekitar 25% dari harga tiket). Thanks to Vivi yang uda bayarin tiket pergi kita ke Jogja hhe.
Untuk tiket pergi..
Untuk tiket pulang..

Pas mau berangkat hujaaann derass tiada henti, berangkat dari St.Depok Baru, sampe di St. Kemayoran uda jam 22:15, itu berarti tinggal 15 menit lagi, sedangkan dari St.Kemayoran kita mesti naik bajaj lagi ke St. Senen (fyi, kereta dari arah Bogor-Jatinegara, ga berhenti di St.Senen, tapi untuk arah Jatinegara-Bogor, kereta berhenti di St.Senen). Akhirnya, begitu sampe di St.Kemayoran, langsung lari, nyari dan nego bajaj, nyuruh abangnya ngebut, sekitar 10 menit lah sampe, trus kita lari-larian sambil berat-beratan diguyur rintik-rintik gerimis, uuuhhh bener-bener perjuangan buat liburan. Untungnya kita ga ketinggalan kereta. Jangan tanya begimana kita setelah itu.. Ngos-ngosan tarik napas buang napas sambil bersyukur keretanya ngaret 15 menit, makanya kita bisa ngejar.

Pengeluaran:
Naik bajaj dari St.Kemayoran ke St.Senen 5rb per orang

Perjalanan di kereta berasa lama banget, udah ga sabaran mau menghirup udara pagi Jogja hihihi. Di kereta pun tidur lelapnya paling cuma berapa jam, sisanya tidur-tidur ayam. Walaupun ini kereta ekonomi, tapi tenang suasananya ga panas koo, karena sekarang kereta ekonomi ada AC-nya. Terus jangan takut juga kelaperan, karena sering ada pramugaranya yang bolak-balik nawarin makanan dan minuman yang harganya masih terjangkau. Untuk kondisi kamar mandinya, hmm yaa ga buruk-buruk amat, cuma agak bau sedikit, dan keanya itu wajar untuk sebuah fasilitas umum yang gantian didatengin penumpang di dalem kereta.

Paginya sekitar jam 7, sampe juga kereta di St.Lempuyangan, horeeee.. Kehirup juga udara pagi Jogja, hmm walaupun rasanya sih sama aja keanya hha. Keluar stasiun celingak-celinguk, bingung. Berhubung kita backpacker awam, kita cuma modal baca-baca ulasan dari Mr.Google. Tapi kan katanya malu bertanya sesat di jalan, jadi kita memutuskan untuk bertanya, setelah akhirnya kita memutuskan untuk naik taksi (fyi, taksi disini mobil Av*nza, yang tarifnya dipatok per orang, bisa nego). Kita minta dinterin ke daerah Malioboro, buat cari-cari penginapan murah di sekitar situ. Padahal sebenarnya kita juga uda booked hotel untuk 3 malem, tapi jaraknya lumayan jauh dari Malioboro. Sebelum nyari hotel, kita sarapan dulu. Kebetulan ibu penjual nasi rames tempat kita sarapan ngasih tawaran penginapan murah yang bagus dan bersih di Gang Sosrowijayan, setelah makan kita dianter kesana. Tapi ternyata pas diliat zonk banget, beda banget sama yang dibilang tadi. Dengan sopan pun kita bilang "Ntar dulu ya Bu mau liat-liat lagi, nanti kita kesini lagi, makasi", kata-kata yang klise hha. Jalan kaki ga jelas arahnya, sampe kita nemu halte TransJogja, dan memutuskan untuk ke hotel awal yang uda kita booked, itu di daerah Wirosaban, untuk sampe kesitu kita tanya-tanya petugas Trans-nya. Oiyaa di tengah jalan keingetan kalo paperbag yang isinya cemilan ketinggalan di penginapan tadi, mau balik lagi tapi uda lumayan jauh, tapi cemilannya isinya banyak sayang juga, tapi sang donatur yang ngebeliin cemilan itu bilang gapapa dan gausah balik lagi hhe. Lanjut, untuk harga tiket Rp 3rb saja, sistemnya sama kea TransJakarta. Tapi TransJogja sangaaaattt berbeda dengan TransJakarta, hati-hati aja kalo naik ini, siap-siap badan kepelanting kesana kemari, karena sopirnya yang mengemudi dengan rusuh, kelewat rusuh, mau pegangan sekencang apapun juga tetep aja, apalagi kalo ga pegangan. Hikmahnya mungkin dengan naik Trans orang jadi dapet pahala, karena terus-terus istighfar sambil neriakin nama Tuhan.

Sekitar setengah jam-an, kita sampe di halte Sorogenen, jalan dikit ketemu deeh hotelnya "Rumah Nugraha Hotel". Kita nemu hotel ini dari browsing-browsing, baca review orang-orang yang pernah nginep disini. Check in jam 11an bisa, walaupun aturan check in sebenarnya jam 13, tspi mungkin karena lagi sepi jadi gapapa.
Hotelnya bagus, sesuai dengan yang kita lihat di review-review di internet, pelayanan ramah, kamar nyaman aman dan bersih, harga terjangkau lah dengan fasilitas yang ditawarkan. Kita ambil kamar Family AC, 3 tempat tidur, AC, TV, kamar mandi di dalam, ada dapur umum, dan di depannya ada balkon dan bangku untuk duduk santai (Rp 220rb per malam untuk 6 orang), di siang itu juga langsung kita lunasin untuk sewa 3 malem, jadi Rp 660rb, plus jaminan KTP 1 orang, yang akan dibalikin pas kita check out. Untuk ulasan hotel atau langsung pemesanan bisa dibaca-baca disini, disini juga.

Masuk kamar, tidur-tiduran, nonton TV, sambil nunggu gantian mandi. Jam setengan 1-an kita cuss jalan ke Candi Prambanan naik Trans. Trans disini datengnya lama-lama, udah gitu jangan malu nanya yak, soalnya rute Transnya ada banyak, jadi tanya aja ke petugasnya kalo mau kesini naik Trans yang jalur apa ya, gitu. Atau bisa juga liat peta jalur Trans (bisa googling, atau di beberapa halte juga ada yang tertempel). Setelah perjalanan yang cukup lama di dalam Trans yang masih tetep ugal-ugalan, kita sampai di halte terakhir untuk jalur itu, yaitu halte Prambanan. Setelah turun, kita nyari tempat makan sambil jalan cukup jauh dengan dihujani gerimis, tapi uda jalan cukup jauh ternyata dapetnya tempat makan mie ayam dan soto, huft yaudalah daripada kelaperan. Uda kelar makan, uda punya tenaga, lanjut jalan ke Candi Prambanan, ini jalannya jauuuuhhhhh, melelahkan lah, apalagi masih hujan juga. Sampe di Prambanan uda sore, itu berarti ga bisa lama-lama, karena itu kita langsung nyari spot-spot terbaik untuk selfie hehehe. Prambanan sore itu, walaupun gerimis-gerimis deras tapi lumayan rame, kebanyakan anak-anak muda kea kita yang rame-rame sama temen-temennya. Makin lama hujannya makin deras, keluar dari Prambanan kita liat-liat jualan souvenir di sekitar situ, dan belanja yang lucu-lucu.

Setelah itu ngelanjutin perjalanan ke Malioboro, naik TransJogja lagiiii. Sampe di daerah Malioboro, kita langsung nyari angkringan, karena emang itu tujuan tempat makan kita, yang murah-ngenyangin. Uda ada tenaga, kita siap ngejelajahin surganya belanja di Jogja (kata orang-orang); Malioboro ~
Berhubung masih hari pertama, maka kita memutuskan untuk sekedar survey harga, ga belanja dulu, soalnya kata orang-orang belanja yang murah itu di Pasar Beringharjo (bukanya pagi sampe sore doang), makanya kita masih mau bandingin harga dulu hhe maklumlah anak ekonomi, gamau rugiiii.
Tapi harga di Malioboro sekarang uda ga murah lagi, ga kea yang dibilang orang-orang, penjualnya pada keras banget sama harga, nawar banyak ga boleh, palingan nawar cuma berkurang 5-10rb, padahal yang saya baca kita boleh nawar 30-40% dari harga yang ditawarin, tapi nyatanya temen saya coba nawar dengan kisaran segitu malah diketusin penjualnya, disuruh beli tempe ajagih, gitu hha.
Setelah capek jalan dan dapet info harga barang-barang yang pengen dibeli, kita ke halte Trans buat pulang, itu sekitar jam 9an. Fyi, TransJogja terakhir itu jam setengah 10an, lewat dari situ kamu bisa naik taksi, becak, atau jalan kaki, karena gada kendaraan umum lainnya. Sampe di hotel langsung ngetagin kamar mandi, antri-antriiii, tapi ada satu orang yang ga sibuk rebutan kamar mandi, yaitu Susan, secara dia emang males mandiii, iiiihhhhh *tutuphidung*. Sembari nunggu antrian, sembari ngitung-ngitung pengeluaran seharian ini..