Thursday, November 18, 2010

MANUSIA DAN HARAPAN

Adapun definisi "harapan" yang saya temukan adalah berikut ini:
1. sesuatu yg (dapat) diharapkan
2. keinginan supaya menjadi kenyataan
3. orang yg diharapkan atau dipercaya

skema harapan


Harapan berasal dari kata harap yaitu keinginan supaya sesuatu terjadi atau sesuatu terjadi atau suatu yang belum terwujud. Harapan dapat diartikan sebagai menginginkan sesuatu yang dipercayai dan dianggap benar dan jujur oleh setiap manusia dan harapan agar dapat dicapai ,memerlukan kepercayaan kepada diri sendiri,kepercayaan kepada orang lain dan kepercayaan kepada TUHAN.
Harapan sifatnya manusiawi. Oleh karena itu, setiap manusia pasti memiliki harapan dalam hidupnya, entah itu dalam prospek jangka pendek, maupun jangka panjang.
Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh.
Pada dasarnya kita memiliki harapan untuk sesuatu yang baik dalam hidup kita. Dengan adanya harapan, secara tidak langsung akan timbul motivasi dalam diri kita untik mewujudkannya. Kita berupaya bahkan bekerja keras untuk mencapai terwujudnya harapan tersebut. Manusia juga wajib selalu berdoa. Karena usaha dan doa merupakan sarana terkabulnya harapan..
Jika harapan tersebut berhasil diwujudkan, akan timbul perasaan puas dalam hati kita. Tetapi jika harapan itu gagal diwujudkan, akan timbul rasa kecewa bahkan putus asa dalam hati kita.
        Saya sebagai manusia juga pasti memiliki harapan. Harapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, harapan menjadi manusia yang bertanggung jawab atas semua tindakan yang saya lakukan, harapan untuk bisa menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya dengan nilai yang memuaskan, harapan untuk bisa membanggakan orang-orang disekitar saya, harapan untuk berguna bagi nusa dan bangsa juga agama, harapan menjalani hidup dengan sebaik-baiknya, harapan untuk mendapat kebahagiaan didunia dan di akhirat.
Pada akhirnya saya berharap agar tulisan ini bisa berkenan dan menginspirasi orang-orang yang membaca :)
sumber : http://vinicgilang.blogspot.com/2010/04/manusia-dan-harapan.html
http://www.artikata.com/arti-365039-harapan.php

No comments:

Post a Comment