Tuesday, November 23, 2010

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DAN KEMANUSIAAN


Ilmu Budaya Dasar merupakan pengertian dasar dan pengertian umum tentang konsep- konsep dan
teori-teori budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan.
Beberapa definisi tentang Ilmu Budaya Dasar ( IBD ) :

•Ilmu Budaya Dasar, adalah pengetahuan yang dapat memberikan pengetahuan dasar serta pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
 •Ilmu Budaya Dasar, adalah pengetahuan tentang perilaku dasar - dasar dari manusia.
• Ilmu Budaya Dasar, adalah ilmu gabungan, yang secara bersama atau sendiri dapat dipakai sebagai alat untuk memecahkan masalah manusia sebagai makhluk yang berbudaya, baik dalam kedudukannya sebagai makhluk individu, sosial, maupun ciptaan Tuhan.

Tujuan daripada mempelejari Ilmu Budaya Dasar adalah sebagai berikut :
1. Agar lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta
lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut,
2. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang lain yang hidup pada masyarakat,
3. Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan daya
kebudayaan,
4.Menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi masalah nilai-nilai
budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh disiplin
mereka,
5.Agar mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun
6. Agar dapat memenuhi tuntutan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Dharma pendidikan

Manfaat mempelajari ilmu budaya dasar yaitu beberapa pembahasan seperti ini :
1. Seputar Manusia dan Cinta Kasih
• Saya dapat mengerti dan memahami serta mendefinisikan istilah cinta kasih dan
kasih sayang
• Saya dapat menerapkan cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari
2. Seputar Manusia dan Keindahan
• Saya dapat menjelaskan istilah renungan, kehalusan dan keserasian
• Saya dapat memberikan contoh hal-hal yang indah dalam kehidupan
bermasyarakat
3. Seputar Manusia dan Penderitaan
• Saya dapat mengetahui makna dari penderitaan
• Saya dapat mengatahui sebab-sebab penderitaan dan juga cara mengatasinya
4. Seputar Manusia dan Keadilan
• Saya dapat mendefinisikan istilah keadilan
• Saya dapat mengetahui karakteristik dari keadilan dan cara penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
5. Seputar Manusia dan Pandangan Hidup
• Saya dapat memahami arti pendangan hidup, cita-cita dan kebajikan
• Saya berusaha menerapkan pandangan hidup pribadi dan mencapai cita-cita
• Saya dapat memberikan contoh hal-hal yang indah dalam kehidupan
bermasyarakat
6. Seputar Manusia dan Tanggung Jawab
• Saya mengerti makna tanggung jawab
• Saya dapat menerapkan kesadaran, pengorbanan dan tanggung jawab dalam
lingkungan bermasyarakat
7. Seputar Manusia dan Kegelisahan
• Saya dapat mengerti maksud dari kegelisahan dan sebab-sebabnya
• Saya dapat menguraikan akibat kegelisahan dalam ketentraman hidup
8. Seputar Manusia dan Harapan
• Saya dapat menjelaskan arti harapan beserta macam-macamnya
• Saya dapat menjelaskan manfaat harapan dalam kehidupan

Ilmu Budaya Dasar memiliki ruang lingkup, ruang lingkup dalam Ilmu budaya dasar antara lain :
 
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat di dekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( the humanities ).
Hakekat manusia yang satu sama lain atau universal akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Nilai Kemanusiaan

SKEMA KEMANUSIAAN
 
Dalam kehidupan kesehariaanya manusia seringkali dihadapkan pada permasalahan yang kompleks dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda satu sama lain, oleh karena itu di butuhkan suatu nilai yang dapat menjadi kebersamaan untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan menolong sesama kita dapat membantu orang lain yang membutuhkan bantuan atau uluran tangan dari manusia yang dapat membantunya. Dalam berbudaya juga dibutuhkan nilai kemanusiaan yang dapat menjadi simbol untuk saling meenhargai kebudayaan yang dimiliki setiap daerah maupun suku tertentu. Manusai juga di tuntut untuk selalu mencintai dirinya sendiri karena dengan itu dapat mengajrkan betapa pentingnya menghargai sesuatu yang dimiliki seseorang baik kelebihan maupun kekurangan. Pada setiap agama selalu mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan menjunjung tinggi rasa tenggang rasa satu sama lain, kehidupan yang damai dan tentram akan tercipta apabila setiap individunya mengerti akan makna kehidupan yang sebenarnya.
 
 

No comments:

Post a Comment