Tuesday, March 29, 2011

LAPORAN AKHIR INTERNET DASAR (MINGGU KE 2)

1. Jelaskan 3 produk Google!
a. Youtube: sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.
YouTube, situs yang paling banyak dikunjungi kedua (menurut Alexa Internet), telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Negara-negara yang memblokir YouTube adalah: Arab Saudi, Armenia, Brasil, Indonesia, Iran, Maroko, Pakistan, Republik Rakyat Cina, Suriah, Thailand, Turki dan Uni Emirat Arab.
b. Android: sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya Google Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.
Di dunia ini terdapat 2 jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service (GMS) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Pada Juli 2000, Google bekerja sama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler.
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler .
Android memiliki beberapa keunggulan sebagai software yang memakai basis kode computer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru didalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.
c. Blogger: Blogger.com atau blogspot.com adalah salah satu layanan penyedia blog terbesar yang dimiliki oleh Google. Bagaimanakah sebenarnya sejarah blogger.com ini?

Awalnya didirikan pada tanggal 23 Agustus 1999 oleh Pyra Labs. Kemudian pada Februari 2003, Blogger jadi milik Google, dan semua fasilitas premium (yang saat itu tidak gratis) digratiskan oleh google. Setahun kemudian, co-founder Pyra Labs, Evan Williams, meninggalkan google.

Pada tahun 2004, google membeli Picasa, sehingga para blogger dapat mengupload fotonya untuk keperluan nge-blog. Pada 9 Mei 2004, google menambahkan beberapa fitur2, seperti arsip untuk posting, komentar, dan post via email.

Agustus 2006, google meluncurkan versi terbarunya dalam versi beta, yang diberi kode "Invader". Hal ini sekalian memindahkan para pengguna ke server Google, dan juga menambahkan beberapa fitur. Desember 2006, versi baru Blogger tidak lagi beta. Dan pada Mei 2007, Blogger telah pindah ke Google secara keseluruhan.

2. Jelaskan 3 istilah yang kalian temui dalam Blog!
a. Archive : merupakan arsip blog kita, atau merupakan gudang penyimpanan tulisan yang pernah kita tulis sebelumnya di blog. Bisa dikelompokkan dalam bulan, tahun dsb.
b. Blogroll : merupakan kumpulan link-link blog orang lain atau link-link kawan-kawan kita yang memiliki blog.
c. Dashboard : sebuah tampilan yang berisi kontrol-kontrol, tool, setting dll saat pertama kali kita login ke blog account.

http://www.botras.co.cc/2010/12/pengertian-android-sejarah-android.html

No comments:

Post a Comment