Thursday, October 13, 2011

[TUGAS] TEORI EKONOMI 1 [PAK GUYUB]

TUGAS TEORI EKONOMI

NAMA KELOMPOK

  1. DEWI KURNIASARI (11210904)
  2. MUTIARA (14210883)
  3. THERESIA JULIANA (16210874)
  4. WULAN ANDHIKA PUTRI (18210576)
 
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi? Serta manfaatnya dalam kehidupan pribadi dan masyaakat (organisasi)!

      Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumbersumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa
sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan kelompok masyarakat.
∙ Manfaat dalam kehidupan pribadi adalah mempelajari bagaimana mengalokasikan segala sesuatu yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. Maka dengan adanya segala keterbatasan yang dimiliki oleh manusia, tentu saja ilmu ekonomi mempunyai peran penting untuk membantu memecahkan masalah yang ada. Secara individu dengan memanfaatkan ilmu ekonomi, kita dapat mengatur kehidupan pribadi kita seperti bagaimana mengalokasikan uang yang terbatas, waktu yang terbatas, tempat yang terbatas dan lain sebagainya sehingga kita dapat mencapai apa yang diinginkan. Kita tahu bahwa masing-masing individu atau pribadi mempunyai cara-cara tersendiri yang spesifik dan unik untuk mengatur dirinya sendiri, sehingga masalah pengalokasian kelangkaan/keterbatasan untuk masing-masing individu tidak perlu dipertentangkan.
∙ Manfaat dalam kehidupan masyarakat (organisasi) adalah membantu menguraikan, menggambarkan, dan meramalkan berbagai perilaku ekonomi. Ilmu ekonomi dikatakan memegang peranan penting dalam kehidupan sosial (masyarakat), karena ilmu ini mengkaji upaya memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran itu sendiri diartikan sebagai kondisi dimana semua kebutuhan materi dapat terpenuhi dengan baik. Jika masyarakat sejahtera berarti masyarakat tersebut mengalami kemakmuran, dan tingkat kemakmuran dapat diukur dari banyaknya barang dan jasa yang dihasilkan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  1. Carilah atikel tentang fenomena yang menggambakan besar kecilnya demand masyarakat terhadap suatu barang dan jasa, lalu analisis dengan pendekatan konsep pemintaan!
Ana membeli 5 kilogram buah jeruk. Padahal semula ia hanya beniat untuk membeli 2 kilogram saja. Tetapi karena di toko Buah Segar sedang ada bulan promosi dengan menurunkan harga jeruk, maka ia memutuskan membeli 5 kilogram. Sebelum ia juga Berniat membeli 5 kilogram buah apel. Namun harga apel ternyata malah naik, sehingga ia terpaksa hanya membeli 2 kilogram saja. la pun terpaksa mengurungkan niatnya untuk membeli buah durian kesukaannya karna harganya sudah naik sangat tinggi.

Dari artikel tersebut, kita ketahui bahwa harga memainkan peran penting dalam mempengaruhi kuantitas permintaan. Semakin tinggi harga, semakin rendah jumlah permintaan. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang dan jasa, semakin banyak jumlah permintaan. Terlihat di sini bahwa ada hubungan terbalik antara tingkat harga dengan jumlah barang dan jasa yang diminta. Fenomena ini pada intinya merupakan isi dari hukum permintaan. Secara lebih jelas, hukum permintaan ini berbunyi: “Apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang diminta semakin menurun. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas yang diminta akin meningkat, ceteris paribus
Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan:
• naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan
• naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.

  1. Carilah atikel tentang fenomena yang menggambakan besar keilnya supply masyarakat terhadap suatu barang dan jasa, lalu analisis dengan pendekatan konsep penawaran!
Harga telur itik di pasar tradisional di Solo, sejak awal musim kemarau lalu terus mengalami kenaikan, salah satunya akibat sulitnya pedagang mendapatkan komoditas itu.
Musim kemarau menyebabkan itik pangon tidak mau bertelur. Hal ini disebabkan sawah tempat mencari makan kini kering. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, akhirnya pedagang hanya bisa mengandalkan pasokan dari peternak yang bukan pangon.
Berdasarkan pantauan di pasar tradisional, kelangkaan telur itik menyebabkan harga komoditas itu mengalami kenaikan. Harga jual telur yang semula Rp 800, 00 per butir, saat ini uang sebanyak itu baru cukup untuk kulakan dari peternak.
Adapun untuk telur asin, harga jualnya di pasaran telah mencapai
Rp 1.200, 00 per butir. Padahal biasanya harga telur asin hanya sekitar
Rp 1.000, 00 per butir.

Dari artikel tersebut, kita ketahui bahwa harga memainkan peran penting dalam mempengaruhi kuantitas penawaran.
Hukum Penawaran menyatakan bahwa: jumlah produk yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga, artinya jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik dan sebaliknya, ceteris paribus.

  1. Jelaskan aplikasi teori podusen dan konsumen dalam kaitannya dengan prinsip efisiensi dan oganisasi!
Teori yang menjelaskan hubungan antara tingkat produksi dengan jumlah faktor-faktor produksi dan hasil penjualan output-nya. Produksi jangka pendek yaitu, bila sebagian factor seorang produsen atau pengusaha dalam memerlukan proses produksi untuk mencapai tujuannya.
Kaitannya dengan prinsip efisiensi adalah, pada tingkat efisiensi terbagi 2 aspek yaitu, aspek tekhnis dan aspek ekonomis. Bahwa pada pinsip efisiensi menggambarkan tentang hubungan antara tingkat produksi suatu barang dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk menghasilkan barbagai tingkat produksi barang tersebut.
Kaitannya dengan prinsip organisasi adalah terletak dua kesatuan terkait antara konsumen serta produsen, bahwa untuk menjalankan pola ekonomi dibutuhkan juga pelaku ekonomi yang untuk mengatur tingkat keseimbangan, sehingga tidak terlalu banyak biaya yang diperlukan.

No comments:

Post a Comment