AIDA adalah singkatan sederhana yang telah dibuat lama sebagai pengingat dari empat tahapan proses penjualan (Strong, 1925). AIDA singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Ini merupakan model yang cukup sederhana dan dapat digunakan sebagai pedoman.
Dalam komunikasi pemasaran perlu
dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari proses komunikasi pemasaran
yang akan dilakukan. Setelah menentukan khalayak sasaran dengan
persepsinya, pemasar harus memutuskan respon yang terjadi. Respon
khalayak tersebut dapat berupa cognitive (tahap kesadaran), affective
(tahap pengaruh), behavioral/conative (tahap tindakan pembelian).
Model
AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) adalah salah satu model
hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam
melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi harus
menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan
keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi
yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya
respon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian
suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang
dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam
Nurbenny 2005:38).
Teori AIDA (Tjetjep Djatnika,2007) yang
mendalilkan bahwa pengambilan keputusan pembelian adalah suatu proses
psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang
diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau
jasa yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap
ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang
keistimewaan produk atau jasa tersebut yang jika intensitas
ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire)
karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan
kebutuhan-kebutuhan-nya. Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik
karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka
konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action
to buy) barang atau jasa yang di tawarkan.
AIDA :
A = Attention: Memberikan perhatian khusus
kepada segmen target pasar kita. Sehingga menjadi menarik untuk mereka
membaca apa yang kita tawarkan dan sesuai dengan target pasar yang kita
inginkan. Misalnya : “Pengumuman Penting untuk Bisnis Owner!”
; ini contoh attention dengan segmen pasar adalah para pemilik bisnis
dalam sebuah iklan seminar bisnis. Coba bayangkan dengan kalimat standar
: “ABC Organizer bekerjasama dengan DEF Institute mempersembahkan seminar bulan ini”. Apa anda menjadi tertarik?
I = Interest: Memberikan ketertarikan
pembaca/prospek untuk lebih membaca lagi iklan/pemasaran tools yang kita
tawarkan dengan benefit, keuntungan yang akan didapatkan. Misalnya : “Temukan Rahasia Sukses Membangun BISNIS dalam waktu 4 Jam!”. Bandingkan jika hanya kalimat, “Seminar Bisnis : Cara Membangun Bisnis Anda.” So what?
D = Desire : Memberikan rasa/hasrat
keinginan dari pembaca untuk mengikuti apa yang kita tawarkan. Biasanya
memberikan testimoni para pelanggan yang ada. Lalu memberikan lebih
detail apa yang ditawarkan dan apa yang akan didapatkan jika mereka
membeli produk/jasa dari kita. Lebih memberikan sebuah emotional benefit kepada mereka sehingga ada keinginan untuk membeli.
A = Action: Membuat prospek untuk segera Action, dengan menghubungi kita segera untuk membeli atau mendaftar. Action field
ini biasanya dibatasi dengan waktu, jumlah terbatas,
hadiah-hadiah/bonus/benefit tambahan jika segera membeli/mendaftar pada
waktu yang diberi batas. Misalnya : “Hubungi sekarang 021-81234567 untuk mendapatkan FREE tiket seminar sebelum tanggal 14 Februari 2012.″ Pasti mau ‘kan?
Saat ini AIDA telah bertambah menjadi AIDA(S). Ditambah dengan S :
S = Satisfaction: Buatlah dan jagalah
kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan dari prospek yang telah
menjadi pelanggan tersebut agar ia membeli produk/jasa kita kembali dan
mereferensikan kepada teman-temannya untuk bisnis kita.
1.1 AIDA |
SUMBER: http://changingminds.org/disciplines/sales/methods/aida.htm
http://danilsyah.blogspot.com/2011/07/pengertian-aida-dalam-kewirausahaan.html
http://www.ukmsukses.com/index.php/2012/02/aida/
(downloaded Nov 08, 2012 3:57pm)
Halo kak.. Aku mau nanya dong.. Kalau mau nyari hirarki/bagan model AIDDA referensinya dari buku apa ya kak? Trims kak... :)
ReplyDelete